Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPViKI) telah menyelenggarakan Webinar OSCE dengan tema “Urgency Implementasi OSCE Pendidikan Vokasi Keperawatan” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Juli 2022, pukul 07.30-12.30 WIB dan diadakan secara online melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan peserta webinar mampu memiliki pemahaman yang sama terkait: konsep serta kebijakan tentang OSCE di vokasi keperawatan, strategi pengembangan/manajemen OSCE di masa pandemi dan evaluasi kesiapan institusi dalam melaksanakan OSCE.

Adapun Peserta Seminar nasional ini diikuti seluruh perwakilan regional AIPViKI yaitu regional 1 samapi dengan 14 dengan total peserta 636 peserta. Kegiatan webinar OSCE ini dibuka oleh Ketua Umum AIPViKI Ibu Yupi Supartini S.Kp., MSc. Dalam sambutannya  beliau menyampaikan bahwa standarisasi kualitas lulusan vokasi keperawatan dilakukan melalui uji kompetensi bagi perawat yang menggambarkan profil perawat Indonesia berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), serta penilaian akreditasi LAM-PT Kes kriteria 9 menuntut adanya pedoman nasional pelaksanaan Uji kompetensi OSCE.

Webinar OSCE ini menghadirkan beberapa pembicara yaitu, pembicara kesatu Yupi Supartini, S.Kp., M.Sc (Ketua Umum AIPViKI), dengan materi kebijakan implementasi OSCE institusi vokasi keperawatan. Dilanjutkan oleh pembicara kedua Dr. Apt. Lucy Dewi Nurhajati Sasongko (Ketua Divisi UKAI Tim OSCE AIP Farmasi) dengan materi strategi pelaksanaan OSCE. Sedangkan pembicara ketiga dr. Riyani Wikaningrum, M.Sc (Ketua LPUK) dengan materi persiapan institusi dalam Ujian Nasional OSCE.

Acara ini berlangsung sangat meriah,sangat positif dari seluruh peserta hal ini dibuktikan dengan banyaknya antusias peserta yang memberikan pertanyaan pada setiap sesi pemebrian materi. Kemudian setelah sesi tanya jawab selesai dilakukan, maka panitia memberikan arahan kepada peserta untuk melakukan sesi dokumentasi. Acara ini ditutup dengan pembacaan rencana tindak lanjut yang disampaikan oleh Dr. Pramita Iriana, S.Kp., M.Biomed, dimana rencana tindak lanjut tersebut adalah pelatihan penyelenggaraan OSCE, TOT item development dan item review  soal OSCE, serta penguji dan penguji klien standar bagi pengurus AIPViKI pada tahap awal, yang selanjutnya akan diselenggrakan pelatihan bagi para dosen keperawatan di seluruh Indonesia.

Sehingga Acara ini mendapatkan kesan positif dari para peserta dan menjadikan peserta memiliki penyamaan persepsi baik kebijakan, konsep, strategi pelaksanaan dan penilaian kegiatan OSCE tersebut sebagai salah satu sarana pembelajaran dalam usaha mempersiapkan diri menghadapi uji kompetensi secara Nasional menggunakan metode OSCE tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *