AIPViKI sebagai Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia terus berupaya dalam menindak lanjuti hasil Rakernas yang lalu tentang pemanfaatan peluang bekerja di luar negeri bagi lulusan vokasi keperawatan Indonesia melalui kerjasama yang telah dilakukan AIPViKI bersama dengan BP2MI.

Pada hari kamis tanggal 07 April 2022, Ketua Umum, Sekretaris Umum dan Ketua Bidang Kerjasama dan Humas AIPViKI (Luring) serta Ketua 2 AIPViKI (Daring) menyambut kedatangan BP2MI yang berkunjung secara Luring ke kantor pusat AIPViKI yaitu Ibu R. Lia Parisiana (Koordinator Penempatan Kawasan Australia-Pasifik), Ibu Desi Riani Praptiningrum (Koordinator Penempatan pemerintah Kawasan Timur Tengah II), Ibu Fauline Trisna Negari (Pengantar Kerja Sub Koordinator Penyiapan Penempatan Kawasan Amerika) dan secara Daring oleh Ibu Fitri Amelia (Sub Koordinator Pelaksanaan Penempatan Kawasan Amerika).

Dalam kunjungannya, BP2MI melakukan pemetaan potensi ketersediaan (data supply) tenaga kesehatan serta pertukaran data alumni dalam rangka penyediaan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ke luar negeri pada sektor kesehatan di negara penempatan khususnya kawasan Amerika dan Pasifik.

Tindak lanjut pertemuan ini akan ada sosialisasi tentang peran dan fungsi BP2MI dalam memfasilitasi lulusan vokasi keperawatan untuk memanfaatkan peluang kerja di luar negeri. Sosialisasi tersebut ditujukan untuk seluruh anggota AIPViKI. Harapannya setelah mengikuti sosialisasi, institusi pendidikan vokasi keperawatan dapat lebih menyiapkan mahasiswanya untuk dapat bersaing secara global dengan mensinkronkan  kurikulum perguruan tinggi dengan kebutuhan kompetensi perawat di negara yang dituju. Mari kita raih peluang besar berkarir di luar negeri sebagai perawat profesional. Together we care…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.