Kurikulum DIII Keperawatan – Update 2018
Kurikulum DIII Keperawatan – Update 2018

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas Rahmat dan KaruniaNya, Kurikulum Pendidikan Diploma III Keperawatan (Update 2018) ini dapat diselesaikan. Sebagai satu unsur utama dalam proses pembelajaran pendidikan DIII Keperawatan, pengembangan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan perkembangan harus mendapat perhatian semua pelaku pendidikan DIII Keperawatan. Perkembangan IPTEK Kesehatan khususnya Keperawatan menjadi substansi penting untuk memperbaharui konten kurikulum disamping perkembangan regulasi pendidikan dan penataan kompetensi keperawatan Indonesia dari Organisasi Profesi.

Sesuai dengan standar yang berlaku dalam pengembahgan satu kurikulum, implementasi Kurikulum DIII Keperawatan tahun 2014 sudah memasuki tahun ke 4 (empat) dan pembahasan tentang ASEAN Joint Coordinating Committee on Nursing (AJCCN) menjadi hal penting untuk direspon melalui pengembangan kurikulum, mengingat adanya kesepakatan Negara-negara Asean khususnya untuk profesi Keperawatan. Untuk itu Buku Kurikulum ini disusun sebagai hasil dari evaluasi implementasi selama 4 (empat) tahun pelaksanaan Kurikulum 2014 dan menyesuaikan dengan hasil kesepakatan pada pertemuan AJCCN tersebut, dengan tetap mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) khususnya level 5 (lima).

Diharapkan dapat memberikan arah dan pedoman bagi penyelenggara pendidikan dalam melaksanakan proses pendidikan untuk dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di pasar kerja global. Pengembangan Kurikulum ini disusun oleh Tim Kelompok Kerja Kurikulum AIPViKI dan kontribusi dari semua anggota yaitu Institusi Penyelenggara Pendidikan DIII Keperawatan, serta berbagai masukan dan arahan telah diberikan oleh para pemangku kepentingan baik Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan pengguna lulusan DIII Keperawatan khususnya Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI). Diharapkan ada kesamaan pola dan langkah serta konten dalam pelaksanaan pembelajaran dari semua Institusi Pendidikan DIII Keperawatan.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Direktur Pembelajaran, Dirjen DIKTI Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan, Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI, Kepala Pusat Peningkatan Mutu, Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI, Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PP-PPNI), Pengurus Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan para pemangku kepentingan, khususnya kepada Konsultan dan Kelompok Kerja Tim Pengembangan Kurikulum Pendidikan DIII Keperawatan, sehingga pada akhirnya Pengembangan Kurikulum Diploma III Keperawatan ini dapat diselesaikan. Kami tetap mengharapkan masukan dari semua pihak agar dimasa depan kualitas pendidikan Diploma III Keperawatan dapat selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat baik pada tingkat Nasional maupun lnternasional.

 

Ketua Umum AIPViKI
Yupi Supartini, SKp., MSc.

 

 

Version: 2018